43 Siswa SMU Tidak Lulus Ujian Nasional, Nilai Tertinggi Didominasi SMU 1 dan SMU 2 Situbondo

Selasa, Juni 16, 2009

Sebanyak 43 orang siswa SMU se Kabupaten Situbondo dinyatakan tidak lulus , dari jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional sebanyak 2 ribu 222 orang . Dengan demikian , jumlah siswa SMU yang lulus ujian nasional mencapai 2 ribu 180 siswa atau 98 koma 1 persen.
Ironisnya , puluhan siswa yang tidak lulus ujian nasional tahun ini , semuanya barasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS , sedangkan siswa jurusan IPA semuanya lulus ujian nasional .
Sekolah pemegang rekor tertingi yang siswanya tidak lulus ujian nasional , yaitu SMU Darul Ulum Dusun Nyamplong , Desa Sumberanyar , Kecamatan Banyuputih . Dari 30 siswa sekolah ini yang ikut ujian nasional , hanya satu orang siswa yang dinyatakn lulus , atau sebanyak 29 orang siswa SMU Darul Ulum tidak lulus ujian nasional .
14 siswa lainnya yang tidak lulus UN , meliputi SMA Ibrahimy Panji 8 orang siswa , SMU Negeri 1 Panarukan 4 orang , serta SMA Ibrahimy Sukorejo dan SMA Muhammadiyah , masing-masing 1 orang siswa .
Ditengah hiruk pikuk perayaan pelulusan siswa SMU , pemandangan berbeda terjadi dengan ribuan siswa SMK . sebanyak 1.254 siswa SMK hingga kemarin masih berharap-harap cemas , karena belum menerima pengumuman pelulusan . Kabarnya terjadi troble sistim sehingga menyebabkan pengumuman untuk siswa SMK tertunda .
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo , Aris Marhaento , melalui Kepala Seksi SMU Agus Hadi Putro mengatakan , tingkat pelulusan tahun ini masih relatif cukup baik ketimbang tahun sebelumnya .
Dari 2 ribu 222 orang siswa SMU yang mengikuti ujian nasional , hanya 43 orang siswa atau sekitar 1 koma 9 persen yang tidak lulus . Menurut Agus Hadi Putro , sepuluh besar perolehan nilai ujian nasional tertinggi didominasi SMU Negeri 1 Situbondo dan SMU Negeri 2 Situbondo .
Untuk mata pelajaran IPA , diperoleh RR Reni Septianita DS , siswa SMU Negeri 1 Situbondo dengan nilai ujian nasional 55 koma 25 . Sedankan untuk nilai tertinggi mata pelajaran IPS , diraih Nurul Rizki Rahmayanti dari SMU Negeri 2 Situbondo , dengan nilai 53 koma 25 .
Pantauan Bahsa menyebutkan . efouria pelulusan ujian nasional kemarin masih tanpak terlihat di jalan-jalan . Aksi corat-coret baju seragam yang selama ini menjadi kebanggaan mereka , hampir menjadi pemandangan lumrah yang bisa disaksikan dimana-mana .
Tak jarang , para siswa yang larut dalam efouria pelulusan , kerapkali melakukan aksi berbahaya selama menggelar arak-arakan di jalan raya . Puluhan personel Satuan lalulintas Polres Situbondo , terpaksa diterjunkan di sejumlah jalur strategis . Bahkan Polisi tak segan-segan menindak tegas para siswa yang melanggar rambu-rambu lalulintas .
Di jalan raya Desa Kotakan , polisi menghadang ratusan siswa asal Bondowoso , yang ingin merayakan pelulusan di Situbondo . Mereka diminta kembali karena di khawatirkan akan terjadi bentrokan dengan siswa Situbondo.

0 comments:

Posting Komentar

powered by KalWork | WordPress by KalNet